Kamis, 05 November 2009

Waspada Serangan di Blackberry Anda!

Waspada Serangan
BBO Techno ~ Hari gini ga punya BlackBerry? Hmm, di tanah air tercinta ini, BlackBerry memang fenomenal. Kalau di negara paman Sam perangkat ini lebih banyak dipakai oleh para pebisnis, di negara kita BlackBerry justru beredar luas di tangan para ABG, ibu rumah tangga, maupun selebritis.


Dukungan wireless messaging dan push e-mail yang gratis memang berhasil melontarkan BlackBerry ke tangga popularitas. Namun berhati-hatilah!


Justru kemampuannya untuk menerima dan mengirim e-mail di mana saja dan kapan saja membuat BlackBerry rentan serangan. BlackBerry hacking itu bisa mengintai siapa saja. Apalagi di tanah air, umumnya pengguna BlackBerry menggunakan layanan BIS (BlackBerry Internet Service). Artinya ia sendiri yang bertanggung jawab atas konfigurasi keamanan perangkatnya.


Ahmad Muammar W.K, seorang konsultan TI dari Hernis Consulting, telah menguji kekokohan pertahanan BlackBerry. Hasilnya, fitur keamanan SSL, enkripsi, proxy, dan lain-lain di perangkat itu ternyata tidak ampuh. Masih ada celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh seorang penyerang.


Dua serangan yang bisa dilakukan terhadap BlackBerry menurut Ahmad adalah ARP spoofing dan DNS spoofing. Untungnya untuk serangan ARP spoof, penyerang sulit mendapatkan keadaan full routing. “Hal ini kami buktikan setelah berkali-kali melakukan uji coba,” kata Ammar, nama panggilan Ahmad yang juga dikenal dengan alias y3dips.


Nah jika ingin tahu lebih lanjut tentang keamanan di BlackBerry, silakan mengikuti seminar Hacker’s Day 2009 yang akan digelar tanggal 7 November di Summit ROOM, JCC, Jakarta. Di sana Ammar akan menjabarkan serangan-serangan terhadap BlackBerry dan cara mengenalinya.

Selain Ahmad Muammar W.K, juga hadir dan angkat bicara beberapa pakar keamanan jaringan internet lain. Sebut saja Richardus Eko Indrajit (Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/ID-SIRTII), Budi Rahardjo (Senior IT Security Concultant), Anselmus Ricky, Gildas Deograt (Ketua Komunitas Keamanan Indonesia), dan Anvie Ansav (Antivirus Consultant AVI). Mereka masing-masing akan membahas Facebook Hacking, BlackBerry Hacking, Cyber-6 (Six), IT Security Trend, IT Security Illusion, dan Antivirus Trend.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin