Sabtu, 30 Oktober 2010

Pemerintah Siapkan Rp 3,5 Triliun untuk Rehabilitasi Bencana

BukaBerita - Untuk menangani rehabilitasi daerah-daerah yang rusak pasca bencana gunung berapi dan tsunami baru-baru ini, pemerintah menyiapkan dana Rp 3,5 triliun untuk melakukan rehabilitasi atau perbaikan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo ketika ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (28/10/2010).

Menurut Agus, dana rehab ini di luar dana penanganan bencana yang dimiliki oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Rehab di luar itu (penanggulangan bencana), kurang lebih Rp 3,5 triliun untuk program-program rehabilitasi," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati menyatakan jumlah dana alokasi penanggulangan bencana dalam tahun anggaran 2010 mencapai Rp 3,9 triliun. 

Menurut Anny, dari total dana tersebut, sebesar Rp 1,9 triliun tengah menunggu persetujuan dari DPR untuk penanganan bencana sebelumnya.
 
"Dari alokasi Rp 3,9 triliun tahun anggaran 2010, sedang menunggu persetujuan DPR Rp 1,9 triliun untuk bencana-bencana yang lalu," ujarnya.

Selain itu pemerintah juga mengajukan tambahan dana penanganan bencana alam sebesar Rp 150 miliar ke DPR yang nantinya akan dikucurkan melalui BNPB. Saat ini dana siap pakai yang tersedia di BNPB sebesar Rp 50 miliar.

sumber: detikfinance

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin