Minggu, 31 Oktober 2010

Awan Panas Menerjang, Warga Boyolali Panik


BukaBeritaAwan panas dari letusan Gunung Merapi pada pagi tadi tak hanya mengarah ke wilayah Klaten, tapi juga ke daerah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tepatnya ke Desa Sungop, Kecamatan Cempogo.

Warga setempat kaget lantaran dalam sejarah belum pernah awan panas dari Gunung Merapi menerjang ke arah Desa Sungop. Beruntung sebelum mencapai permukiman, awan panas terpecah menjadi tiga bagian ke tiga arah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Senin (1/11/2010), wilayah Boyolali berada di sebelah timur Gunung Merapi. Lokasi Desa Sungop sendiri sejatinya cukup jauh dari puncak Merapi, yaitu sekira delapan kilometer. Namun suara gemuruh letusan Merapi pagi tadi terdengar hingga ke tempat ini.

Dampak aktivitas Gunung Merapi juga cukup terasa di wilayah ini. Hampir seluruh permukiman dan ladang berubah warna menjadi putih lantaran tertutup abu Merapi. Seperti diketahui, pagi tadi hujan abu sempat turun di wilayah ini.

Mengetahui ada awan panas meluncur ke arahnya, warga setempat pun mengungsi ke lapangan Kecamatan Cempogo. Namun di lokasi ini, abu vulkanik pun turun dengan deras. Beruntung hujan gerimis sempat turun sehingga agak mengurangi abu berhamburan.

Petugas kepolisian di lapangan mengimbau kepada warga setempat untuk memakai masker. Para pengguna jalan pun disarankan menyalakan lampu kendaraan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.



sumber: okezone news

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin