Sabtu, 30 Oktober 2010

Hujan Abu di Kaliurang

BukaBerita - Seluruh jalanan di kawasan Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta, tertutup abu vulkanik pascaletusan Gunung Merapi, Sabtu (30/10) dini hari. Permukaan aspal jalan hampir tak terlihat karena ketebalan debu mencapai lima sentimeter. 

Hujan abu telah berhenti, meski cuaca mendung masih menutupi awan. Hujan yang turun Sabtu siang cukup membantu menyapu debu yang menutupi kawasan itu. Namun, angin kencang masih berhembus dan lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Kaliurang masih ramai. Akibatnya, endapan abu vulkanik berterbangan hingga mengganggu jarak pandang dan mengganggu kesehatan.    

Kawasan wisata Kaliurang yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari puncak Merapi sudah tertutup dan hanya digunakan sebagai tempat menara pemantau dan posko tim penyelamaat (SAR).

Radius sebaran abu vulkanik menyebar cukup jauh dan mengakibatkan puluhan orang, terutama anak-anak dan wanita, dirujuk ke rumah sakit. Mereka menderita gangguan pernafasan akibat menghirup abu vukanik. Warga yang dirawat kebanyakan berasal dari lokasi yang cukup dekat dari letusan Merapi.


sumber: Liputan6

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin