Selasa, 02 November 2010

Anak Krakatau Aktif, Warga Ketakutan

BukaBerita - Aktivitas Gunung Anak Krakatau meningkat. Warga di sepanjang pesisir Pantai Anyer dan Carita mulai khawatir akan terjadi letusan gunung berapi itu. Pos Pemantau Gunung hari mencatat telah terjadi 79 kali gempa vulkanik dangkal.

Dari data seismograf di Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (2/11) telah terjadi 649 aktivitas kegempaan, antara lain empat kali gempa vulkanik dalam, 79 kali gempa vulkanik dangkal, 251 kali letusan, 86 kali hembusan dan 229 kali tremor.

Robiah, seorang warga, mengaku khawatir dan takut jika malam tiba. Terkadang dirinya mendengar suara dentuman keras yang membuat kaca rumah mereka bergetar.

Peningakatan aktivitas Gunung Anak Krakatau cukup signifikan jika dibanding hari kemarin, yakni dari 151 menjadi 229 kali tremor atau letusan yang tidak putus-putus. Bahkan menyebabkan keluarnya lava pijar dan abu vulkanik dari kawah Gunung Krakatau. Status Gunung Anak Karakatau hingga kini waspada.

Permukaan air laut di sekitar Gunung Anak Krakatau diprediksi meningkat karena larva pijar yang keluar dari Gunung Anak Krakatau mengalir hingga ke laut. Namun petugas pos pemantau Anton mengaku belum menghitung ada kenaikan suhu di laut tersebut

sumber: Liputan6

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin