Sabtu, 22 Januari 2011

Usulan Anggaran Mobil Jip "Lexus" Anggota Dewan




BukaBeritaOnline ~ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan pembelian dinas jip Lexus dengan nilai Rp2,5 miliar pada anggaran 2011 ini. Mobil ini nantinya akan digunakan sebagai mobil tamu VIP DPRD.

Sebenarnya berapa harga jip Lexus di Jakarta? Dalam laman lexus.co.id, harga jip Lexus di Indonesia mulai dari Rp1,14 miliar, yaitu tipe RX350. Harga ini merupakan harga on the road Jakarta, alias harga sudah termasuk pajak.

Lalu berapa harga jip termahal milik Lexus? Lexus Indonesia hanya menjual dua tipe jip Lexus, yaitu tipe RX350 dan LX570. Sedangkan harga LX570 adalah Rp1,975 miliar. Dalam laman resmi Lexus Indonesia, tak ada jip seharga Rp2,5 miliar.

Berbeda dengan jenis sedan. Lexus menyediakan mobil dengan rentang harga Rp1,119 miliar hingga Rp2,7 miliar. Tipe terendah adalah tipe IS300 (Rp1,119 miliar), GS300 (Rp1,12 miliar), LS460L (Rp2,12 miliar), dan LS600HL (2,7 miliar).

DPRD DKI berencana membeli mobil jip Lexus seharga Rp2,5 miliar untuk tamu khusus. Sejumlah kalangan menilai keputusan ini tidak masuk akal karena termasuk pemborosan anggaran.

Alokasi anggaran ini terungkap dari beberapa anggota dewan yang mengaku telah menolak pengadaan mobil itu. Sebab, dalam setahun paling tidak hanya ada dua kali kunjungan tamu, sehingga dinilai proyek itu mubazir.

"Dalam rapat Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) hampir seluruh dewan menolak adanya anggaran tersebut. Tapi, entah mengapa tiba-tiba muncul kembali dalam pagu anggaran," ujar Boy Benardi Sadikin, anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Sekretaris DPRD, Hermanto mengatakan, penyediaan mobil tersebut digunakan untuk kunjungan tamu dari luar negeri tiap tahunnya. "Selama ini biaya sewa kendaraan ditanggung Setwan," jelasnya.

Hermanto menambahkan, saat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Biro Hubungan Dalam dan Luar Negeri. "Jika tahun ini jumlah kunjungan sedikit maka kami akan batalkan pengadaan mobil ini,” katanya.

Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin