Senin, 17 Agustus 2009

Makna Kemerdekaan

BukaBerita - Perayaan hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus bukan sesuatu yang datang begitu saja. Kemerdekaan Indonesia diraih dengan usaha dan perjuangan keras dari para pahlawan dan pejuang saat itu. Bagaimana kata para pejuang veteran merasakan makna kemerdekaan yang mereka perjuangkan saat itu, apakah sudah tercapai?

"Secara umum kita sudah merasakan kemerdekaan. Tapi makmurnya belum," kata Wahyono, salah seorang veteran yang diundang Presiden SBY untuk memperingati HUT Ke-64 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Senin (17/8/2009).

Ungkapan Wahyono bukan tak beralasan. Menurutnya, meski saat ini Indonesia telah bebas dari cengkraman bangsa asing, namun kemakmuran masih dirasa belum merata untuk semua rakyat. Masih banyak warga Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. Termasuk para veteran sendiri yang masih banyak yang belum sejahtera.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Jadi harus dihargai pahlawan bangsa," ujarnya datar.Termasuk memperhatikan nasib veteran dalam hal memperoleh kemakmuran? "Iya," jawab pria yang sudah uzur ini mantap.

Lain Wahyono, lain Benny John Torey. Pejuang Trikora yang ikut memperjuangkan Papua kembali ke pangkuan ibu pertiwi ini menganggap cita-cita para pahlawan saat ini sudah tercapai. Satu hal yang dia pinta, generasi muda harus melanjutkan cita-cita para pejuang."Untuk pemuda-pemuda, bagaimana supaya harus mengikuti langkah-langkah perintis kemerdekaan," tantang Benny kepada para pemuda.

Benny bercerita, saat berjuang membebaskan Papua dari cengkeraman Belanda, dirinya bersama para pahlawan lain saat itu hanya mempunyai satu tekad, yakni bebas dari penjajahan. Saat kemerdekaan itu telah diraih, satu hal yang harus dilakukan, mempertahankan kemerdekaa itu selama-lamanya.

Sementara itu, salah seorang pejuang Trikora lain yang sebenarnya tidak diundang tetapi ikut Benny, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang selama ini telah diraih oleh Indonesia. Kepada para penerus bangsa, dia berharap agar mengisi kemerdekaan ini dengan berkarya. "Jangan gontok-gontokan lagi," sindirnya.

Baca Berita Lainnya:
1. Dewi Persik: "Habis Manis, Sepah Dibuang"
2. Ribuan Penyelam Rayakan HUT RI ke 64 di Bunaken
3. Blackberry Gemini

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin