Sabtu, 01 Agustus 2009

Samsung Luncurkan Teknologi 4G

 
BBO Techno  -Raksasa teknologi Korea, Samsung Electronics, dengan bangga mengklaim sebagai perusahaan pertama di dunia yang sukses mendemonstrasikan teknologi telepon seluler generasi ke-4 (4G). Meskipun belum adanya kesepakatan di dunia tentang apa yang dimaksud teknologi ponsel 4G itu.

Demonstrasi teknologi 4G Samsung itu digelar pada ajang tahunan Samsung 4G Forum di Pulau Jeju, Korea, pada 30 Agustus-1 September lalu. Demonstrasi itu dilakukan pada sebuah bus yang dirancang khusus. Bus itu bergerak dalam kecepatan 60 kilometer per jam untuk memperagakan multi-cell handover. Sementara bus melaju kencang, para penumpangnya dapat menyaksikan siaran langsung acara forum, melakukan video on demand, dan akses Internet yang kecepatan transfer datanya mencapai 100 megabita per detik (satu gigabita per detik) secara simultan.
Demonstrasi juga dilakukan untuk kecepatan transfer data mencapai 1 gigabita per detik di dalam area pameran. Dengan kecepatan satu gigabita per detik itu berarti 50 kali lebih cepat ketimbang teknologi mobile Wi-MAX (worldwide interoperability for microwave access). Kecepatan transfer 1 gigabita per detik itu sama dengan mengunduh 100 file MP3 (300 megabita) dalam 2,4 detik atau memindahkan sebuah film digital (800 megabita) dalam 5,6 detik.
Presiden Samsung Telecommunication Network Business Ki Tae Lee mengatakan, "Dengan suksesnya demonstrasi ini, Samsung berharap dapat mengarahkan dan menstandardisasi teknologi 4G serta merealisasi mimpi kami memulai era teknologi 4G."

Samsung sedikit mengungkapkan teknologi itu. Apa yang mereka demonstrasikan di Pulau Jeju itu adalah teknologi 8x8 multi-input multi-output (MIMO), yakni perangkat pemancar dan penerima yang masing-masing memiliki delapan antena untuk digunakan sebagai pengiriman data banyak jalur (multipath).

Uni Telekomunikasi Internasional (ITU) telah menetapkan teknologi 4G sebagai teknologi seluler masa depan yang memungkinkan transfer data berkecepatan satu gigabita pada keadaan menetap atau 100 megabita per detik pada kondisi melaju dalam kecepatan tetap. Spektrum untuk teknologi 4G ini baru akan ditetapkan pada World Radiocommunication Conference pada Oktober 2007. Diharapkan format komunikasi ponsel 4G akan komersial pada 2010.

sumber: mallponsel.com

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin